5 Tips Membuat Konten Digital Marketing Kreatif

In: Content Creations

Tips Membuat konten digital marketing kreatif | Konten menjadi hal yang paling diperhatikan dalam digital marketing, keberhasilan sebuah perusahaan maupun jasa ialah bagian pemasaran. Pemasaran yang dimaksud pada pembahasan kali ini yaitu melalui digital atau secara online. Konten marketing merupakan hal penting yang menjadi strategi dalam digital marketing, karena konten menjadi perantara untuk menyampaikan pesan dari perusahaan kepada pelanggan.

Konten dalam marketing juga merupakan sistem yang terkonsep untuk menarik audiens kepada produk maupun jasa yang ditawarkan dengan pola-pola kreatif yang bertujuan mendatangkan keuntungan pada sebuah bisnis. Konten tidak hanya berupa teks yang menjelaskan sebuah produk dengan cara kreatif, akan tetapi bisa berbentuk sebuah gambar, video blog, infografis, animasi, karikatur, komik, dan motion grafis. Hal dasar dalam konten yang kreatif harus bersifat baru, out of the box, tidak ada batasnya dalam bekreasi dan juga memiliki nilai yang sesuai dengan target.

Tips membuat konten yang menarik

Membuat Konten Digital Marketing Secara Maksimal Dengan Kreatifitas

Memaksimalkan kreatifitas dalam mengelola konten pada digital marketing dengan cara berikut ini:

  1. Bersifat responsif kepada pelanggan

Menjadi kreator dalam konten harus benar-benar mengerti selera pasar, mendengarkan respon dari pelanggan merupakan kunci yang baik untuk mengelola ide baru yang lebih segar dan bagus dari sebelumnya. Menggunakan survey kecil-kecilan ialah cara sederhana untuk mendengarkan pendapat mereka. Begitu juga dengan membuka kritik dan saran. Pelanggan yang mendapatkan tanggapan yang baik dari penyedia layanan maupun perusahaan biasanya tidak segan untuk memperat hubungan dan mudah merekomendasikan kepada orang lain.

  1. Sisipkan nuansa humor pada konten yang dibuat

Membuat konten jangan sampai monoton dan terlalu kaku, sehingga berkurang minat audiens. Coba untuk menyisipkan materi humor yang positif sebagai penyegar agar audiens tidak jenuh. Biasanya hal-hal yang lucu lebih dicari oleh audiens, mulai dari membuat karikatur maupun motion graphic.

  1. Berpikir main out of the box

Berpikir main out of the box

Bekerja dalam membuat konten yang kreatif harus mengupayakan hal-hal yang baru dan tidak pernah ada sebelumnya. Contoh sederhana dengan memaksimalkan hal baru seperti bantal yang bisa menjadi hadiah suvenir. Selain dapat digunakan, bantal memiliki berat yang cukup ringan dan terlihat besar jika dijadikan bingkisan. Hal kreatif yang menjadi rujukan yaitu menambahkan kata-kata maupun quotes yang menarik, bahkan sampai mencetak sebuah foto dalam bantal. Biasanya hal-hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya mengandung hal yang unik dan berbeda, tidak ada dalam pasaran.

  1. Selalu memperbarui kreasi

Tidak bisa dipungkiri dalam dunia konten kreatif yang sifatnya baru pasti ditiru banyak orang dan menjadi pesaing. Untuk menjadi content creator dan terus eksis dalam mempertahankan personal branding, penting melakukan hal yang menarik dan memiliki karakter yang khas. Sehingga saat ada yang meniru, orang sudah paham siapa yang menjadi pemimpinnya. Contohnya setiap membutuhkan pencarian web, orang-orang pasti akan menyebut google, padahal ada banyak mesin pencarian lainnya. Setiap hari google selalu menampilkan hal baru yang membuat pengunjung betah dan aksesnya yang lebih cepat dan data yang dimiliki lebih lengkap.

“Make it simple. Make it memorable. Make it inviting to look at. Make it fun to read.” Leo Burnett

  1. Berani kolaborasi dengan pebisnis lainnya

Hal-hal yang berhubungan dengan konten kreatif biasanya akan lebih kuat dalam persaingan digital marketing ketika ia berani untuk berkolaborasi. Kolaborasi maupun kerja sama dengan pesaing biasanya akan mendatangkan keuntungan pada kedua pihak. Seperti halnya messenger yang berkolaborasi dengan facebook begitu juga dengan instagram. Sehingga fitur facebook semakin lengkap tanpa menghilangkan ciri khas dari merek yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *