09/05/2017 Digital 0

Mau jadi Youtuber yang Sukses ? Simak ini

Mau jadi Youtuber yang Sukses ? Simak ini

Mau jadi Youtuber yang Sukses ? Simak ini | Salah satu platform yang sedang booming saat ini yaitu Youtube, pelaku yang menggunakan youtube disebut youtuber. Para youtuber selain mengembangkan potensi diri, mereka menjadikan catatan perjalanan dalam bentuk video. Youtube sebagai tempat mendapatkan penghasilan. Banyak freelancer yang berusaha mengumpulkan subcriber sampai seribu dalam waktu 4000 jam akan mendapatkan moneytize dari pihak youtube. Selain itu, mereka juga bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan menyisipkan iklan digital.

Menjadi Youtuber sukses tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh perjuangan yang tinggi, harus rela beberapa jam waktunya untuk membuat konten youtube di tengah kesibukan rutinitas. Youtuber juga harus punya keahlian mengambil gambar dan mengedit video sebelum diupload. Kelebihan Youtube bisa menjelaskan produk secara detail layaknya melakukan demo lewat video yang bisa ditonton banyak orang dengan satu kali pencarian.Tidak hanya itu, videonya mudah dibagikan dengan mengandalkan link akses tanpa perlu mendowload sebelumnya.

Untuk membuat konten di Youtube harus mengikuti selera pasar. Ide-ide yang baru dan memiliki daya tarik tinggi akan mudah disorot oleh banyak orang. Warganet lebih tertarik dengan konten yang mengandung humor dan memiliki informasi yang bermanfaat.

Bagaimana cara menjadi Youtuber sukses? Youtuber sukses tidak terlepas dari konten yang dibuat. Mereka mengeluarkan ide-ide kreatifnya yang menarik.

Membuat Konten Menarik

Membuat konten yang menarik tidak terlepas dari sisi kreatifitas dan memiliki nilai manfaat, selain itu konten yang dicari oleh Youtube merupakan video kreatif dan menarik. Berikut ini akan dipaparkan ide unik untuk membuat konten Youtube.

  1. Perjalanan hidup yang unik

Setiap cerita memiliki sisi menarik yang bisa menjadi motivasi baru bagi orang lain.Tidak salah jika cerita tersebut dibagikan kepada publik lewat video blogger yang memaparkan bagaimana bisa mencapai sebuah tujuan maupun pengalaman berharga yang tidak bisa dilupakan. Bisa berupa video dokumenter, untuk merekam jejak kehidupan.

  1. Prank Orang lain

Tren untuk membuat orang lain terkadang bermula dari mengerjai orang lain. Membuat prank atau istilah dari jebakan yang lucu. Youtuber yang sering berbuat seperti ini contohnya Londo Kampung. Ia yang berperawakan asli Australia mengecoh banyak orang dengan bahasa Jawa. Prank seperti ini boleh dilakukan untuk membuat netizen tidak jenuh dan tertawa. Prank yang dilarang itu seperti membuat bahaya orang lain dan membuat permasalahan baru.

  1. Ide Tantangan

Membuat video melakukan tantangan merupakan salah satu konten yang banyak peminatnya. Orang-orang rela melakukan hal-hal yang di luar kewajaran tetapi tidak membahayakan diri dan mudah dicontoh orang lain. Tantangan yang dibuat dalam konten Youtube harus orang yang sudah profesional. Misalnya tantangan menangkap ular maupun memakan cabai yang banyak.

  1. Tutorial melakukan sesuatu

Konten yang lebih sering diburu oleh banyak orang salah satunya tutorial membuat sesuatu. Entah kerajinan tangan, membuat lukisan, memasak, memperbaiki barang, make up, menggunakan benda dan tips-tips lainnya.

  1. Infomasi edukasi

Informasi kesehatan, maupun hal-hal yang menguak fakta atau mitos juga menjadi prioritas pengguna youtube. Kisi-kisi mengerjakan soal ujian hingga tips parenting layak ditampilkan di youtube.

  1. Hiburan

Ada juga channel yang berisi tentang humor, serial film maupun cover lagu dan pemutar musik. Konten yang mengandung hiburan lebih sering dicari oleh netizen. Pastikan konten hiburan berisi hal-hal positif yang nyaman dilihat banyak orang.

Youtuber tidak hanya merekam video saja. Butuh suara yang jelas dengan kualitas baik. Agar suara pembicara terdengar tidak samar-samar. Menggunakan microphone akan menambah kualitas suara menjadi lebih jernih. Microphone dengan kualitas standar akan membantu pembicara tidak teriak-teriak agar suara terekam dengan bagus.

Selain itu menggunakan microphone untuk merekam suara lebih jelas dan terdengar singkron dengan video. Menggunakan kamera yang standar juga mendukung keberhasilan membuat video yang baik dan bagus. Tidak hanya kamera yang bagus, pencahayaan ruangan juga dibutuhkan—menggunakan lampu tambahan sebagai alternatif jika tidak ada sinar matahari.

Berbicara tentang teknis mengambil video, agar tidak terjadi banyak gerakan. Letakan kamera pada tripod atau alat penyangga kamera. Cukup tripod dengan ukuran kecil yang mudah dilipat dan dibawa kemana-mana. Seorang videografer maupun vlogger harus memiliki alat ini. Terlebih dalam pembuatan video tutorial yang membutuhkan fokus pengambilan gambar dengan detail.

Pengambilan video usahakan di tempat yang aman, tenang dan tanpa suara bising agar suara yang terekam benar-benar jernih. Selain itu singkirkan benda-benda yang menganggu dalam kamera, penting untuk mengatur properti agar terlihat rapi. Jika tidak ada properti yang mendukung, gunakan seadanya. Biarkan latar kosong asal backgroundnya terang.

Menggunakan editing video yang bagus

Hasil pengambilan video tidak bisa langsung diupload karena masih butuh sentuhan editing. Editing juga berpengaruh dengan jumlah viewer, jika editing kreatif dan rapi terlihat lebih profesional. Banyak aplikasi editing video baik dilakukan menggunakan PC maupun ponsel. Siap digunakan dan pelajari juga teknik editing video yang baik sebelum mengaplikasikan. Munculkan bakat dan kreativitas dalam mengedit video.

Untuk memaksimalkan hasil, beri keterangan dalam video. Entah judul konten, siapa yang terlibat dalam konten maupun kredit di akhir video. Apabila hasil mengambil gambar dan edit dilakukan sendiri, beri watermark sebagai tanda hak cipta kepemilikan.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam mengedit video untuk menambahkan unsur musik atau backsound. Lagu maupun mp3 musik bisa diambil di beberapa situs penyedia konten gratis. Tidak lupa memberikan keterangan soal sumber musik.

Rutin Membuat Video Baru

Menjadi Youtuber sukses selain harus telaten dan teliti lagi dalam membuat video sampai mengedit dan memposting. Rutinkan untuk memposting konten pada channel. Seseorang yang dinyatakan sukses dalam sebuah bidan ialah yang menekuni dan konsisten berproses di dalamnya. Kuantitas video yang dimiliki dalam sebuah channel akan mendatangkan subscriber baru.

Semakin banyak konten yang diposting, semakin bertambah jumlah viewer maupun subcriber. Penting dalam memposting untuk menjadwalkan secara rutin. Kapan waktu yang tepat untuk memposting beri keterangan atau sampaikan dalam video jadwal postingan. Karena netizen akan siap-siap menonton video Anda.

Agar hasil video semakin banyak ditonton, buatlah judul yang menarik dan memiliki potensi untuk viral. Semakin asyik judul konten, pengunjung Youtube akan tertarik. Sesuaikan judul dengan konten agar singkron. Pada bagian deskripsi maupun tag, jelaskan konten video secara umum namun jelas. Beri hastag yang relevan dengan judul video

Bagian terpenting dalam suksesnya menjadi Youtuber ialah memperbanyak jumlah pertemanan dalam Youtube maupun subcriber. Itu menjadi tujuan utama para Youtuber, tidak jarang di setiap video selalu diingatkan untuk memberikan like dan subcribe. Memperbanyak teman sesama Youtuber juga akan menambah informasi dan ide baru untuk membuat konten yang berbeda. Sering-sering untuk membagikan postingan video yang diunggah di Youtube pada media sosial. Menjadi jalan untuk promosi dan menambah jumlah pengunjug chanel Youtube.

Kesuksesan dalam menjadi Youtuber tidak terlepas dari  konten yang menarik, ide baru, tampilan lebih berbeda dan menjalin banyak hubungan baru. Tanpa poin-poin di atas bisa saja menjadi youtuber sukses asalkan sudah difollow up oleh youtuber ternama.



About the Author

Qlausa: Kami adalah Digital Agency yang mengkombinasikan antara teknologi dengan ide kreatif.

error: Hello World ! Welcome to Qlausa Digital Agency