18/05/2017 Uncategorized 0

Platform Campaign Bisnis Terpopuler

Platform Campaign Bisnis Terpopuler – Campaign bisnis pada era digital memegang kunci utama dalam hal digital marketing. Promosi sangat penting dalam kesuksesan sebuah produk. Begitu banyak orang kini memanfaatkan berbagai flatform untuk mengenalkan produk maupun jasa, agar banyak orang mengenal. Semakin terkenal semakin mudah produk tersebut terminset oleh audiens, itu tandanya campaign bisnis berhasil.

Ada beberapa flatform yang menjadi wadah terbaik untuk menggencarkan promosi dengan cepat dan mendapatkan banyak audience. Seperti Youtube, Instagram, Facebook dan Web. Tujuan utama dari campaign bisnis yaitu pemirsa bisa mengklik tombol untuk mengirimkan pesan order atau menikmati layanan tersebut. Faktor utama yang keberhasilan campaign yaitu membuat konten yang menarik dan konsisten dalam mengenalkan kepada publik.

Platform memiliki ciri khas tersendiri dan target audicence yang terbaik untuk mengiklankan bisnis. Berikut ulasan flatform digital yang baik untuk campaign bisnis.

Platform Campaign Bisnis Terpopuler

1. Youtube

Sebagai peringkat utama di tahun ini dengan presentase mencapai 88% pengguna. Usia yang lebih banyak menggunakan mulai dari kalangan remaja sampai dewasa. Platform Youtube satu-satunya media populer yang menggunakan layanan konten berbentuk video. Hampir semua bisnis tersedia di dalam Youtube. Mulai dari edukasi anak, musik, tutorial make-up, resep membuat masakan maupun minuman, ulasan produk, vlog travelling, hingga berita hoax juga tersedia di sini.

Setiap hari trending akan memuat video yang paling banyak dikunjungi tidak jarang penonton lebih dari dua juta dalam satu kedipan mata. Salah satu campaign bisnis yang berhasil menggunakan platform ini yaitu saat mempromosikan serial kartun animasi tiga dimensi yang berjudul Nussa tembus meroket di publik. Hanya membutuhkan periode singkat, Nussa bisa menjadi trending di awal launchingnya. Kesuksesan Nussa diterima di hampir semua lapisan masyakat berkat kerja keras tim kreatif dalam membuat konten. Awalnya mereka membuat postingan yang memviralkan di medsos dengan teaser Nussa yang menggemaskan, hingga dibagikan pada media sosial.

Youtube cocok untuk campaign bisnis yang ingin mengenalkan produk atau jasa melalui audio visual dengan durasi yang cukup panjang. Tidak sulit membuat viral, asal tahu teknik marketing.

2. Instagram

Tidak jauh dari Youtube, Instagram juga menjadi flatform yang populer beberapa tahun belakang ini. Fiturnya lebih kekinian dan selalu menampilkan hal menarik kepada pengguna jejaring sosial. Jumlah pengguna instagram juga didominasi oleh anak muda dan dewasa. Instagram menjadi primadona dalam hal campaign bisnis. Selain jumlah pengguna yang banyak, instagram bisa memposting gambar, video singkat, gift maupun tombol yang mengarahkan pada website. Postingan di Intagram dipengaruhi oleh penggunaan tagar. Semakin unik dan mudah diingat semakin banyak jangkauan audiens. Pengguna Instagram rata-rata menghabiskan waktunya 3 jam untuk melihat konten di beranda maupun di pencarian. Alogaritma dari instagram berdasarkan postingan serupa dan sistem tagar. Jika ingin membuat sebuah campaign bisnis, mencari pengikut organik sangat disarankan daripada pengikut dengan sistem membeli.

Campaign Bisnis Pada Instagram

Semakin sering berinteraksi dengan pengguna lainnya, alogaritmanya akan memprioritaskan yang pertama di berandanya. Tak hanya itu, instagram story yang menjadi pecetus munculnya Facebook story dan Whatsapp status. Selalu memiliki fitur pembaruan yang tidak membuat bosan pengguna instagram. Mulai dari menuliskan teks, membuat boomerang, fitur gambar dengan filter tertentu dan tampilan postingan mirip seperti album yang berjejer.

Campaign bisnis yang mendominasi pada instagram yaitu fotografer, jasa membuat logo, desain gambar, seni melukis maupun doodle, penerbitan, paket pernikahan, kuliner, hingga bisnis jasa lainnya kini berlomba-lomba membuat konten menarik di instagram. Instagram juga dilengkapi dengan tombol promosi yang mempercepat otimisasi konten yang dibuat.

Hal yang diperhatikan saat membuat konten di instagram yaitu memiliki seni dan indah saat dilihat. Postingan rapi dengan deretan warna yang konsisten.Usahakan ukuran fotonya juga sama di setiap postingan. Terakhir berikan sentuhan bingkai yang memang khas dan memiliki logo sendiri. Memperhatikan waktu memposting, waktu yang tepat untuk posting yaitu saat jam makan siang dan sore hari ketika orang pulang kerja. Perhatikan penggunaan tagar yang relevan dengan bisnis yang dijalankan.

Kekurangan dari flatform instagram tidak bisa membuat caption yang terlalu panjang. Biasanya diakali dengan membuat penjelasan lewat gambar slide maupun meneruskan tulisan di komentar.

3. Facebook

Facebook merupakan flatform yang bertahan sangat lama di jagat maya, dengan pengguna yang masih paling banyak. Pengguna Facebook beragam dari yang masih di bawah umur sampai usia di atas 40 tahun. Mereka yang menggunakan facebook lebih tertarik membuat status dan memposting gambar. Facebook seperti menggabungkan fasilitas Youtube dan Instagram. Selain karakter tulisan tidak terbatas, bisa memposting gambar maupun video, membuat story facebook, siaran langsung dan chat facebook messenger, grup dan fanspage. Facebook bisa berhubungan dengan banyak media sosial seperti twitter, instagram, dan aplikasi lainnya.

Menurut riset, pengguna facebook lebih suka membagikan link berita dan info olahraga di timeline. Campaign bisnis yang sesuai dengan flatform ini yaitu mereka yang menjual produk olahraga.Algoritma facebook tidak jauh berbeda dengan instagram, hanya saja sekarang sudah sedikit berubah. Jika semakin hari semakin lama tidak berinteraksi, maka otomatis tersingkir dari beranda pengguna lainnya. Jadi, semakin sering berinteraksi antar pengguna medsos baik lewat komentar maupun inbox, postingan teman akan sering muncul di halaman utama.

Kelebihan dari Facebook bisa mengakses lewat fanspage menggunakan iklan yang berbayar. Sehingga postingan akan lebih cepat menjangkau banyak orang. Hanya saja kekurangan dari Facebook yaitu kalangan anak muda generasi Z sudah mulai meninggalkan facebook. Mereka lebih tertarik dengan instagram.

4. Website

Platform ini sudah menjadi darah dan daging dalam dunia marketing, web sebagai bentuk konkrit sebuah produk memang memiliki branding terpercaya. Sebuah campaign bisnis dikatakan berhasil ketika audiens yang mengklik pada lands sebuah website. Fungsi website selain memberikan pemaparan yang mendetail tentang produk. Website bisa menjadi tempat untuk melakukan transaksi maupun membaca ulasan lengkap tentang jasa dan produk. Terlebih website yang terindeks dengan google akan mudah dicari dalam mesin pencarian.

Google merupakan brand, hampir semua orang bisa mengakses mesin pencarian ini. Keberhasilan sebuah produk jika brand yang diusung dihafal dan dikenal oleh banyak orang. Melalui flatform yang tepatlah yang bisa mempercepat dikenalnya brand produk atau jasa.

Campaign bisnis yang baik dan berhasil harus dilakukan secara terus-menerus tanpa berhenti. Jangan hanya diposting di awal launching, tetapi setelahnya sudah berhenti. Bisnis yang sukses berawal dari proses digital marketing yang tepat sasaran audience yang dilakukan secara terus-menerus. Tanpa menghilangkan proses kreatif, dan memiliki ciri khas brand produk tersebut. Selain penting menggunakan flatform, sumber daya manusia dibutuhkan yang berkompeten dalam memanajemen campaign bisnis dan mengajak banyak orang ikut bergabung dalam timnya.



About the Author

Qlausa: Kami adalah Digital Agency yang mengkombinasikan antara teknologi dengan ide kreatif.

error: Hello World ! Welcome to Qlausa Digital Agency