Apa yang Baru di Google Search Console & Apa Pengaruhnya Bagi SEO

Apa-yang-Baru-di-Google-Search-Console-_-Apa-Pengaruhnya-Bagi-SEO-Qlausa
In: SEO

Google Search Console adalah alat yang sangat berguna untuk membantu mengoptimalkan strategi SEO website. Platform ini telah mengalami beberapa pembaruan dalam beberapa bulan terakhir, dan di artikel ini kami akan melihat lebih dekat bagaimana cara baru tersebut sangat bermanfaat bagi pengguna dan apa efeknya pada strategi SEO.

Apa yang Baru di Google Search Console?

Pada bulan Mei, Google meluncurkan update besar-besaran untuk Search Console, alat webmaster yang gratis. Ini adalah update terbesar sejak lama dan menambahkan beberapa fitur baru yang berguna bagi para webmaster dan ahli SEO. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Google Search Console memungkinkan untuk mengontrol dan memonitor website di seluruh dunia, memberi tahu apakah konten sudah ditampilkan di hasil pencarian global. Fitur baru yang berguna, termasuk sitemap, indexing API yang dimodifikasi, dan pemantauan kecepatan halaman, membantu para webmaster untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang bagaimana mesin telusur melihat dan menjelajahi situs mereka.

Selain itu, Google Search Console juga memungkinkan untuk melacak preferensi pengguna di berbagai negara dengan cepat dan mudah. Ini berguna untuk mengetahui apa yang paling disukai oleh audiens secara internasional.

Terakhir, Google telah meningkatkan fitur Insights untuk membuatnya lebih mudah untuk melihat informasi yang berguna tentang bagaimana situs web berinteraksi dengan mesin pencari. Ini memberikan para webmaster dan ahli SEO kesempatan yang sangat baik untuk memperbaiki trafik website dan mencapai hasil yang lebih baik di hasil pencarian.

Bagaimana Hal itu Mempengaruhi SEO Website ?

Google Search Console telah merilis beberapa fitur baru yang akan membantu meningkatkan SEO website. Fitur-fitur baru ini akan membantu menganalisis data website dan memberikan saran yang berguna untuk meningkatkan kinerja website. Salah satu fitur baru yang paling menarik adalah “Pelacakan URL”, yang akan membantu pelacakan URL apa saja di Google yang mendatangkan trafik ke website.

Selain itu, Google Search Console juga telah menambahkan beberapa alat analisis baru seperti “Alat Analisis CTR” dan “Alat Analisis Impressions”. Alat-alat ini sangat berguna untuk menganalisis tingkat klik dan impresi dari hasil pencarian Google. Dengan menggunakan alat-alat ini, Anda dapat dengan mudah melihat bagaimana SEO website bekerja dan memberikan saran yang berguna untuk meningkatkannya.

Baca Juga: SEO (Search Engine Optimization): Pengertian dan Manfaatnya Bagi Pertumbuhan Bisnis di Indonesia

Apa Yang Harus Dilakukan oleh Google Search Console?

Pada bulan Mei 2019, Google mengumumkan sejumlah perubahan besar-besaran pada Search Console, mereka layanan webmaster gratis. Ini termasuk rebranding dan beberapa alat baru yang akan sangat berguna bagi siapa pun yang ingin meningkatkan optimisasi mesin pencari (SEO) mereka.

Jadi, apa yang baru? Dan bagaimana ini mempengaruhi? Pertama, mari kita lihat ikhtisar perubahan dan kemudian kita akan berdiskusi lebih lanjut tentang bagaimana dapat mengoptimalkan SEO dengan menggunakan alat-alat baru ini.

Perubahan Utama di Google Search Console:

1. Rebranding dari “Google Webmaster Tools” ke “Search Console”
2. Alat pengujian situs mobile baru – Untuk memastikan bahwa situs dapat ditemukan dan dimuat dengan baik di perangkat seluler
3. Penyaringan data baru – Sebagian besar alat pemantauan telah ditingkatkan untuk memberikan informasi yang lebih rinci
4. Alat konten sintetis baru – Melacak kinerja situs di hasil pencarian dengan lebih baik dan memberi tahu jika ada masalah
5. Struktur data baru – Memungkinkan mengajukan halaman tertentu agar dapat diindeks oleh mesin pencari
6. Alat pengoptimalan lainnya – Seperti alat struktur URL, cari dan ganti, dan pemantauan secara manual

Baca Juga: Cara Menggunakan Google Search Console untuk Memaksimalkan SEO

Jadi, sekarang Anda tahu apa yang telah berubah tentang Search Console. Sekarang saatnya untuk beralih ke bagaimana cara terbaik untuk memaksimalkan SEO dengan menggunakannya. Pastikan melakukan hal-hal berikut:

1. Lebih Baiknya Optimasi untuk Pencarian Mobile

Pembaruan Mobile-First Indexing dan laporan indeksing versi seluler membawa perhatian lebih besar pada optimasi untuk pengguna seluler. Untuk tetap bersaing dalam hasil pencarian, sebuah situs web harus dioptimalkan dengan baik untuk perangkat seluler. Ini termasuk memastikan bahwa halaman-halaman dapat dimuat dengan cepat, mudah dinavigasi, dan responsif terhadap berbagai ukuran layar.

2. Penekanan pada Pengalaman Pengguna

Pembaruan Core Web Vitals menunjukkan bahwa Google semakin memprioritaskan pengalaman pengguna dalam peringkat situs web. Hal ini mendorong pemilik situs web untuk fokus pada aspek-aspek seperti waktu muat halaman dan stabilitas elemen halaman. Dengan memperbaiki Core Web Vitals situs, Anda dapat meningkatkan peringkat situs web di mesin pencari.

3. Optimasi Kata Kunci yang Lebih Tepat

Pembaruan laporan volume hasil pencarian memberikan informasi yang lebih rinci tentang kata kunci yang sering digunakan oleh pengguna. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kata kunci yang paling memengaruhi CTR situs website, Anda dapat mengoptimalkan konten untuk kata kunci tersebut. Ini dapat meningkatkan visibilitas situs dan membantu dalam menarik lebih banyak pengunjung organik.

4. Penyelesaian Masalah yang Lebih Cepat

Laporan penyebab masalah memungkinkan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah situs web dengan lebih cepat. Ini penting karena masalah teknis atau indeksing yang tidak segera diatasi dapat merusak kinerja SEO situs web. Dengan menggunakan laporan ini, Anda dapat memastikan bahwa situs web tetap berjalan dengan baik dan tidak terpengaruh oleh masalah teknis yang tidak terdeteksi.

Baca Juga: 5 Cara Menganalisis Statistik SEO dengan Google Search Console

Kesimpulan

Pada bulan Mei 2019, Google telah mengumumkan beberapa perubahan besar-besaran pada Search Console. Ini termasuk penambahan data popularitas laman, filter baru, dan lebih banyak lagi. Meskipun mungkin terlihat seperti hanya sekedar update UI, perubahan ini akan memiliki efek yang signifikan pada cara meningkatkan dan memantau kinerja SEO situs website.

Jika membutuhkan jasa digital marketing, maka Qlausa adalah pilihan yang tepat. Qlausa sebagai digital marketing agency di Bekasi menyediakan solusi pemasaran digital terintegrasi yang akan membantu brand dan perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan penjualan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausa, apa yang bisa minsa bantu ?