18/05/2017 Digital 0

Transaksi di Era Digital, Terobosan untuk Kemudahan

Transaksi di Era Digital, Terobosan untuk Kemudahan | Transaksi di zaman yang serba instan dan berbau gadget sudah tidak menggunakan uang lagi. Beberapa orang lebih suka membayar jasa atau produk dengan E-money seperti kartu kredit. kartu debit maupun beberapa sistem pembayaran yang baru dan mudah dilakukan dengan cara mengisi voucher. Kelebihan menggunakan e-money selain mendapatkan promo khusus juga mempermudah dalam transaksi. Penggunaan menjadi efesien dan ringan di dompet, karena tidak membawa uang tunai. Kejahatan juga bisa diminimalisir dari perbuatan copet maupun rampok.

Berbagai kemudahan yang bisa diakses dalam satu kartu bisa diterapkan pada banyak hal. Pembayaran dengan uang elektronik selain mempermudah dalam transaksi, pembayaran ini juga memangkas waktu. Misalnya ketika masuk ke tol, yang sistemnya sudah menggunakan e-money. Pengguna tol yang memiliki kartu pembayaran khusus tinggal menempelkan pada mesin dan otomatis gerbang tol akan terbuka. Jadi orang yang mengantri tidak perlu menunggu lama. Lain dengan sistem yang konvensional. Memberikan uang, penjaga mengecek di komputer, penjaga tol akan memberikan struk. Terkadang jika uang yang dipakai nominalnya besar, harus menunggu pengembalian. Tapi, kini hanya dengan satu kali tempel, transaksi akan terlihat di depan layar mesin. Hanya butuh sekian menit dan arus di tol tidak akan padat.

Kemudahan Transaksi Di Era Digital

Masih ada yang belum tahu, tentang E-money? E-money merupakan alat pembayaran non tunai yang biasanya harus diisi dengan voucher, berbentuk seperti kartu yang memiliki chip, maupun aplikasi. Fungsi e-money untuk melakukan transaksi secara digital, entah dalam keperluan jual-beli secara online, pembayaran pulsa, token listrik, maupun jasa transportasi. Pihak  yang mengeluarkan e-money awalnya hanya perbankan saja, lalu kini sudah muncul e-money yang dikeluarkan oleh lembaga yang sudah memiliki izin dari bank.

Jenis sistem pembayaran elektronik

1. E-Money

Merupakan alat pembayaran secara digital yang berbentuk kartu, yang memiliki perangkat chip, maupun terhubung secara langsung pada server. Contoh produk dari e-money seperti kartu prabayar, dompet elektronik, atau layanan berbasis web maupun aplikasi, seperti Paypal, Go-pay, Ovo. E-money memudahkan proses transaksi dan bisa diisi ulang ketika sudah habis vouchernya setelah digunakan. Contoh penggunaan yang sering dijumpai seperti pada supermarket, layanan transportasi maupun pada perusahaan telepon genggam, dan sebagainya.

2. Dompet elektronik

Dompet elektronik merupakan salah satu bagian dari e-money yang nilai tunainya terdapat pada kartu telepon atau perangkat elektronik. Contoh dari dompet elektronik yaitu kartu prabayar.

3. Layanan Keuangan Mobile

Bentuk yang ditawarkan berupa layanan dari seluruh telepon genggam. Ada tiga bentuk utama layanan ini yaitu transfer uang bergerak, pembayaran mobile dan mobile banking.

Transfer uang bergerak layanan pengiriman uang dari satu orang ke lainnya menggunakan telepon seluler. Pembayaran mobile lebih mengacu pada pembayaran orang ke bisnis yang dilakukan dengan telepon genggam. Mobile banking mempermudah pelanggan yang menikmati layanan perbankan, bisa memantau keadaan rekeningnya lewat mobile banking. Perkembangan berikutnya menggunakan internet yang kemudian disebut internet banking.

Macam-macam operator e-money di Indonesia yaitu Doku wallet, Go-Pay, OVO, Sakuku BCA, TCASH Wallet—merupakan e-money yang berbasis aplikasi. Sementara yang berbentuk kartu antara lain, e-Money Mandiri, Flazz BCA, Brizzi BRI, TapCash BNI, Indomaret Card, dan sebagainya.



About the Author

Qlausa: Kami adalah Digital Agency yang mengkombinasikan antara teknologi dengan ide kreatif.

error: Hello World ! Welcome to Qlausa Digital Agency