Tokopedia: Ecommerce untuk Pemerataan Ekonomi Digital

Tokopedia: Ecommerce untuk Pemerataan Ekonomi Digital
In: Insight Bisnis

E-commerce telah menjadi salah satu faktor penting dalam mendorong pemerataan ekonomi digital. Oleh karena itu, Tokopedia hadir untuk memberikan solusi berbasis teknologi bagi para pengguna untuk memulai bisnis dan berpartisipasi dalam ekonomi digital. Dalam artikel ini, mari kita bahas cara Tokopedia membantu mendorong pemerataan ekonomi di Indonesia.

Tokopedia: Ecommerce untuk Pemerataan Ekonomi Digital

Apa itu Tokopedia?

Tokopedia adalah sebuah platform e-commerce yang dibuat untuk membantu pemerataan ekonomi digital di Indonesia. Platform e-commerce ini memberikan akses kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berdagang secara online dengan mudah dan aman. Selain itu, platform ini juga menyediakan fasilitas untuk para pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) agar dapat berkembang dan bersaing di era digital ini.

Sejarah Tokopedia

Tokopedia merupakan sebuah perusahaan teknologi yang berdiri pada tahun 2009. Didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Merupakan salah satu platform e-commerce yang memiliki valuasi terbesar di Indonesia.

Menyediakan berbagai macam produk dan jasa yang dapat dibeli secara online. Selain itu, juga menyediakan fasilitas untuk membantu pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM) dalam mempromosikan produk mereka ke konsumen.

Pada awalnya, hanyalah sebuah platform penyedia fitur untuk membeli dan menjual barang-barang secara online. Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan permintaan pengguna, Tokopedia meluncurkan berbagai macam fitur baru seperti fitur pesan instan, pembayaran online, hingga logistik ekspedisi.

Pada tahun 2016, Tokopedia menghadirkan produk teknologi finansial. Produk fintech yang terdiri dari dompet digital, investasi terjangkau, kredit modal bisnis, kartu kredit virtual, produk proteksi, skoring kredit berdasarkan data untuk produk pinjaman, investasi, serta layanan keuangan lainnya

Tokopedia juga telah berhasil mengumpulkan berbagai macam investasi dari para investor seperti Softbank, Temasek, dan Alphabet Inc yang memungkinkan platform untuk tumbuh menjadi salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Bagaimana Tiktok Menjadi Platform Media dan Ecommerce Untuk Pengusaha

Konsep Pemasaran Tokopedia

Tokopedia adalah sebuah platform e-commerce yang menyediakan berbagai macam produk dan jasa. Salah satu konsep pemasarannya adalah dengan memberikan kemudahan kepada para penjual untuk memasarkan produknya secara online. Selain itu, juga menyediakan berbagai fitur yang dapat membantu para penjual dalam meningkatkan jumlah penjualan produknya. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah sistem pembayaran, promo, danfitur lainnya.

Kelebihan Ecommerce Tokopedia

Kelebihan Tokopedia sebagai salah satu platform ecommerce terbesar di Indonesia : 

1. Merupakan sebuah platform e-commerce yang memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berjualan online.
2. Dapat diakses oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.
4. Menyediakan berbagai macam fitur yang memudahkan para penjual dan pembeli dalam melakukan transaksi, seperti fitur chatting, sistem pembayaran, dan Pengiriman Cepat.
5. Memiliki program unggulan yaitu Toko Gold yang memberikan berbagai macam keuntungan tambahan bagi para penjual.

Alternatif E-commerce Selain Tokopedia

Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce di Indonesia yang menyediakan berbagai kebutuhan untuk masyarakat. Selain platform tokopedia, terdapat juga alternatif bagi mereka yang ingin berjualan online melalui platform lain. Alternatif ecommerce lain seperti:

1. BukaLapak

BukaLapak adalah sebuah marketplace yang menyediakan berbagai macam kebutuhan, mulai dari fashion, kesehatan, elektronik, hingga rumah tangga. Bukan hanya itu, BukaLapak juga mempunyai fitur unik yakni “BukaDana”. BukaDana merupakan fitur crowdfunding dimana pelaku usaha bisa mendapatkan modal usaha dari para investor.

2. Shopee

Shopee adalah sebuah aplikasi mobile commerce yang memungkinkan pengguna untuk melakukan jual beli online. Aplikasi ini tersedia untuk pengguna Android dan iOS. Selain itu, Shopee juga sedang berusaha untuk masuk ke pasar Asia Tenggara lainnya seperti Thailand dan Filipina.

3. Blibli

Blibli adalah sebuah situs e-commerce yang menyediakan berbagai barang untuk kebutuhan masyarakat. Produk yang disediakan oleh Blibli sangat lengkap dan bervariasi, mulai dari fashion, elektronik, hingga rumah tangga. Blibli juga mempunyai fitur unik yakni “BliBayar” dimana pengguna dapat membayar produk dengan angsuran.

4. Lazada

Lazada merupakan salah satu situs e-commerce terkemuka di Asia Tenggara. Bukan hanya itu, Lazada menawarkan berbagai produk, mulai dari fashion, elektronik, hingga rumah tangga. Lazada juga sedang berusaha untuk masuk ke pasar Indonesia dengan menyediakan layanan pengiriman dan customer service yang lebih baik.

Baca Juga: Cara Memaksimalkan Ecommerce di Tiktok Shop

Kesimpulan

Tokopedia telah memainkan peran penting dalam mendorong pemerataan ekonomi digital di Indonesia. Melalui platform e-commerce mereka, layanan keuangan inklusif, dan dukungan terhadap UKM dan startup, Tokopedia telah menciptakan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Indonesia.

Dengan terus berinovasi dan berinvestasi dalam pengembangan infrastruktur digital, Tokopedia berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan ekonomi digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia.

Bukalapak, Shopee, Blibli dan Lazada merupakan alternatif Tokopedia yang dapat digunakan untuk berjualan online. Semua platform tersebut menawarkan fitur-fitur unik dan konsep yang berbeda-beda. Pemilik usaha bisa memilih salah satu atau lebih dari platform tersebut sesuai dengan kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
Powered by Qlausa
Selamat datang di Qlausa, apa yang bisa minsa bantu ?