18/05/2018 Uncategorized 0

Bisnis Berbasis Digital, Simak Hal Pentingnya

Bisnis Berbasis Digital. Ketika ditanya penting atau tidaknya digitalisasi bisnis setelah melihat banyaknya manfaat yang ditawarkan. Maka sangat penting pada era kini yang percepatan global memaksa beberapa UKM maupun perusahaan untuk turut menggunakan sistem ini. Ketertinggalan terhadap perkembangan zaman dan masih menggunakan cara lama dalam berbisnis akan berefek besar pada perkembangan perusahaan itu sendiri. Mengapa?

Karena manusia yang berpikir dinamis dan praktis, mereka akan lebih tertarik dengan bisnis yang mudah diaplikasikan yang keuntungannya sangat besar dengan waktu yang relatif singkat. Sebagus apa pun sebuah produk jika tidak mengikuti selera pasar dan percepatan global pasti akan gulung tikar seperti Nokia, Kodak yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman.

Disisi lain, teknologi digital mempunyai peran yang sangat vital dalam pengolahan informasi. Teknologi digital dapat menganalisis informasi yang relevan dengan perkembangan pasar guna menentukan strategi  pemasaran digital. Dengan kemudahan itu, perusahaan akan berkompetisi memperbaiki kepuasaan pelanggan melalui transformasi digital.

Digitalisasi bisnis menawarkan perusahaan dan individu untuk selalu terhubung, menjalani kolaborasi maupun menjadi jembatan antara bisnis dan orang-orang. Bisnis pun pada akhirnya akan mengadopsi digital untuk selalu eksis dan integritas tinggi.Hal Penting Dalam Bisnis Berbasis Digital  ialah sebagai berikut :

Hal Penting Dalam Bisnis Berbasis Digital

1. Sudah mapan analisis pasar

Proses digitalisasi melibatkan kreatifitas dan inovasi untuk memikat pasar. Melakukan riset untuk mengetahui kebutuhan pasar menjadi sangat penting dilakukan. Sebab ini berkaitan dengan pasar yang akan menjadi target dan juga menjadi pertimbangan untuk menentukan strategi pemasaran digital.

2. Performa Media Digital

Saat ini terdapat banyak media digital yang bisa digunakan sebagai media pemasaran digital. Salah satu media digital yang banyak digunakan adalah website dan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Ada abanyaknya media digital yang bisa digunakan sebai media promosi membuat banyak pelaku usaha sulit memilih media mana yang cocok untuk menjalankan pemasaran digital. Pada dasarnya media digital yang sudah familiar diatas seperti website, Fecebook, Intagram dan youtube cukup memenuhi kriteria  sebagai media pemasaran digital. Namun masing-masing tentu memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun dari kekurangan dan kelebihan itu menjadi sesuatu yang tidak menghambat jika kita mampu mengoptimalkan dari masing-masing media digital tersebut.

Optimasi Medial Digital

Performa menjadi sangat penting dalam pengoptimalan media digital sebagai media pemasaran. Hal ini dikarenakan setiap media digital tersebut memiliki algoritma tertentu agar dapat bekerja secara optimal sebagai media promosi. Misalnya pada sebuah website, website sangat berkaitan erat dengan mesin pencari seperti google. Google memiliki algoritma pada mesin pencarinya yang membuat mesin pencarinya hanya menampilkan website-website  yang memenuhi kriteria layak tampil pada hasil mesin pencarinya. Maka jika sebuah website tidak dibangun dengan dasar penyesuaian algoritma mesin pencari google, maka website tersebut akan terasa sa-sia keberadaanya karena akan sulit sekali muncul dalam hasil pencarian di google.

 

3. Konten Menarik

Komponen utama keberhasilan perusahaan dalam bisnis digital ialah penggunaan konten yang menarik. Seperti halnya pemasaran pada media konvensional, konten pada pemasaran digital juga menjadi hal yang sangat penting. Hal ini berkaitan erat dengan branding dari produk yang dipasarkan dan juga pesan yang disampaikan tentang produk tersebut benar-benar dipahami oleh pasar. Dengan konten yang menarik, sebuah produk bisa dengan mudah dikenal bahkan sering kali diidentikan  dengan sebuah kata atau keadaan/momen tertentu.

Misal dalam sebuah momen bulan Ramadhan, pasti yang lekat dari bulan Ramadhan adalah tentang produk Sirup atau sarung. Dan jika berbicara tentang produk Sirup pasti kita akan familiar dengan beberapa produk tertentu. Kenapa terjadi demikian ? Padahal masih banyak lagi minuman segar lainya selain produk tersebut. Hal ini dikarenakan keberhasilan mereka dalam memperkenalkan produk mereka ke pasar dengan cara yang menarik. Hal ini juga berlaku pada pemasaran digital. Bahkan beberapa produk yang biasa kita temui di media konvensional seperti di televisi atau majalah, kini juga merambah ke pemasaran digital melalui Youtube, Facebook, Instagram dan lainya.

Ada Banyak Lagi Hal Penting Lainya

Dari 3 poin diatas membuat kita mengetahui faktor penting apa saja yang perlu diperhatikan sebelum beralih pada digitalisasi bisnis. dan sebenarnya masih banyak lagi faktor penting lainya yang wajib diperhatikan pelaku bisnis dalam membangun bisnisnya di era revolusi industri 4.0 saat ini, namun mungkin akan kita bahas dilain waktu. Namun kesimpulanya adalah kesuksesan dari bisnis berbasis digital tidak hanya dari faktor orang yang mengendalikan teknologi, tetapi pada optimalisasi teknologi digital tersebut.



About the Author

Qlausa: Kami adalah Digital Agency yang mengkombinasikan antara teknologi dengan ide kreatif.

error: Hello World ! Welcome to Qlausa Digital Agency