07/06/2019 Bisnis 0

5 Cara Menemukan Ide Bisnis yang Ideal

Menemukan Ide Bisnis yang Ideal | Pengen bisnis tapi belum tau mau bisnis apa?// Ide bisnis terkadang menjadi hal yang sulit ditemukan. Terutama bagi kamu yang baru mau memulai bisnis. Saat kamu memutuskan untuk memulai bisnis dengan modal yang sudah tersedia, sumberdaya yang mendukung, dan kelengkapan lain yang mumpuni, tapi kamu belum menemukan ide bisnis yang ideal. Beberapa trik berikut dapat kamu coba :

Menemukan Ide Bisnis Yang Ideal Kamu Dengan 5 Cara Berikut

  1. Kenali Diri Kamu dan Apa yang Kamu Mau

Untuk menemukan ide bisnis, kamu bisa mulai dari mengenali diri sendiri. Seperti apa dirimu, apa yang kamu butuhkan, dan apa yang kamu mau. Terkadang, saat kamu membutuhkan sesuatu sesuai yang kamu mau tidak tersedia di pasaran. Mungkin tersedia tapi jarang atau susah didapatkan. Nah dari sini kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat produk/barang atau menyediakan jasa yang kamu banget.  Tapi ingat, tentunya ini harus disertai riset pasar terlebih dahulu ya, dan pastikan ide bisnis yang menjawab kebutuhan kamu banget ini sebaiknya banyak juga orang yang membutuhkan.

 

  1. Carilah Celah dari Bisnis yang sedang Laku

Selain mengenali dirimu sendiri kamu dapat menemukan ide bisnis dari bisnis-bisnis yang sedang laku. Jika kamu tipe orang yang memiliki rasa ingin tahu tinggi, atau suka kepo. Cara ini bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ide bisnis barumu. Biasanya setiap bisnis memiliki ciri khas tersendiri entah dari pemasaran, model bisnis, bahkan karakter produk ataupun jasa yang ditawarkan. Dari sini kamu bisa mencari apa yang belum ada dan apa yang perlu diperbarui. Hal yang kamu dapat dan kebaruan yang kamu peroleh berpeluang menjadi ide bisnis.

Jika kamu menemukan ide bisnis dari celah bisnis yang sedang laku memungkinkan kamu mendapat beberapa keuntungan. Salah satunya target pasar yang sudah terbentuk. Sehingga memudahkan kamu untuk memulai bisnis.

  1. Memahami Kebutuhan Banyak Orang

Memahami kebutuhan banyak orang juga diperlukan untuk menemukan ide bisnis. Setiap orang memiliki kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dari kebutuhan ini bisa jadi bahan inspirasi untuk menemukan ide bisnis. Kenali dan pahami terlebih dahulu tingkat kebutuhan dan seberapa banyak orang yang mebutuhkan. Fokuskan pada satu pilihan yang ingin kamu tekuni dan jadikan objek bisnis. Saat kamu sudah mengenali, memahami dan fokus kamu dapat menjalankan ide bisnismu dengan karakter khas dan tentunya menjawab kebutuhan.

 

  1. Amati Lingkungan Sekitarmu

Lingkungan sekitar bisa kamu jadikan sebagai sumber inspirasi menemukan ide bisnis. Saat kamu jeli mengamati lingkungan sekitarmu, permasalahan lingkunganpun bisa menjadi ide bisnis yang luarbiasa. Disini kamu dapat berbisnis dengan menawarkan solusi terhadap masalah yang muncul tersebut. Tentunya solusi yang dibutuhkan oleh banyak pihak ataupun banyak orang. Sehingga bisnis yang kamu jalankan nantinya dapat diterima dan memiliki target pasar yang jelas.

 

  1. Amati Trend dan Perkembangan

Untuk menemukan ide bisnis kamu harus rajin mengamati tren dan perkembangan. Apa yang menjadi tren atau kegemaran banyak orang memugkinkan terbukanya peluang bisnis. Jika kamu seorang pemula dalam berbisnis kamu bisa mencoba hal ini untuk mendapatkan ide bisnis. Bukan berati setiap tren dan perkembangan dijadikan bisnis ya. Tapi harus disertai dengan kajian terhadap keberlanjutan kebutuhan barang/jasa yang sedang tren. Sehingga nantinya bisnis yang kamu bangun akan terus berkelanjutan.

Nah itu beberapa trik yang bisa kamu coba untuk menemukan ide bisnis yang ideal. Jadi bagi kamu yang ingin mulai berbisnis tak perlu bingung lagi mau bisnis apa?. Good Luck!

Simak Juga Artikel kami lainya : Menemukan Potensi Produk



About the Author

Qlausa: Kami adalah Digital Agency yang mengkombinasikan antara teknologi dengan ide kreatif.

error: Hello World ! Welcome to Qlausa Digital Agency